Selasa, 10 Desember 2019

Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto membuka secara resmi peringatan Hari Kesehatan Nasional ke - 55


TERUSANUNYAI -  RAPEMDA 92,8 FM, Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto membuka secara resmi  peringatan  Hari Kesehatan Nasional  ke -  55 di  Lapangan Kampung Bandar Sakti Kecamatan Terusan Unyai (11/12/2019) . Dalam  Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke - 55  ini juga diperingati hari cuci tangan pakai sabun sedunia ,hari AIDS sedunia dan hari kesehatan jiwa sedunia. Acara diisi dengan berbagai lomba dan senam bersama.

Dalam laporan nya Plt Dinas Kesehatan Edy sunarko mengatakan bahwa tema peringatan hari kesehatan nasional ke -55 tahun adalah Generasi Sehat Indonesi Unggul.  Masih diterangkan Edy, bahwa peningkatan pelayanan kesehatan menjadi sebuah prioritas yang harus dikerjakan bersama sama antara pemerintah daerah, petugas kesehatan dan masyarakat luas.  Edy juga mengatakan bahwa dalam peringatan HKN ke 55 tahun 2019 ini juga dilakukan gerakan cuci tangan pakai sabun.

Sementara itu Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto dalam membacakan sambutan Menteri Kesehatan  RI , Terawan Agus Putranto , menyampaikan bahwa ada dua isu ke sehatan utama yang harus diselesaikan terkait pembangunan SDM berkualitas yaitu Stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional.  Sementara isu strategis yang telah dilaksanakan dan menghasilkan perbaikan antara lain menurunnya angka kematian ibu dan anak,menurunnya angka stuntingbdan meningkatnya cakupan imunisasi serta berhasilnya pengendalian penyakit menular dengan menurunnya angka Tb. Pembangunan kesehatan juga akan menekankan dua penguatanyaitu optimalisasi inovasi layanan kesehatan. Hal ini dimaksudkanuntu mengefisiensikan tind akkan tindaka yang mahal dengan mengoptimalkan inovasi pelayanan kesehatan dan penyedian obat dan alat kesehatan produk lokal dalam negeri tanpa mengurangi kualitas dan mutu.

Loekman juga mengatakan bahwa Lampung Tengah telah memilili program jemput sakit pulang sehat bagi warga tidak mampu sehingga tidak ada lagi alasan bagi warga masyarakat untuk tidak berobat. Semua warga Lampung Tengah memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik. Oleh karena itu Bupati  berpesan agar masyarakat segera menginformasilan apabila ada warga kurang mampu yang sedang sakit agar segera mendapat pelayanan kesehatan secara gratis.

Seusai memberi sambutan Loekman bersama seluruh kader kesehatan di UPTD kesehatan Lampung Tengah, puskesmas sekabupaten Lampung Tengah dan kader kesehatan dari rumah sakit sekabupaten  Lampung Tengah dan masyarakat melakukan senam gotong royong bersama dengan penuh keceriaan. Seusai melakukan senam bersama  acara dilanjutkan dengan pelepasan balon sebagai tanda peringatan HKN ke - 55 dan peringatan hari cuci tangan sedunia dan dimulinya pelayanan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) secara komperhensif se kabupaten  Lampung Tengah. Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto juga menyerahkan kendaraan puskesnmas kepada puskesmas Simbarwaringin dan Kesumadadi  dan pemberian mobil operasional UPTD laboratorium.( DISKOMINFO LAMPUNG TENGAH )

0 Comments:

Posting Komentar

LIVE REPORT 92,8 PASS FM © 2013 Published By Gooyaabi Templates Supported by Diskominfo Kab. Lampung Tengah